Cemilan Sehat Terbaik Untuk Ibu Hamil Muda


hai bunda cantik, apakah saat ini anda sedang bingung menentukan cemilan sehat untuk ibu hamil?

ketika hamil muda sebaiknya jangan malas makan sebab pada masa tersebut pertumbuhan dan perkembangan janin baru di mulai dan akan berdampak buruk bila kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi.

saya tahu ketika hamil nafsu makan akan menurun namun anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi cemilan 2 kali sehari itu cukup. 

Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda


RESEP CEMILAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

mungkin ada dari anda yang bingung memilih cemilan yang bagus ada kalanya membuat sendiri di rumah adalah jalan terbaik karena sudah dipastikan keamanan dan kesehatanya, apa sajakah aneka resep cemilan sehat itu berikut ulasanya:

1. kismis
bahan dasar dari kismis adalah buah-buahan segar yang dikeringkan sehingga kandungan gula, asam buah, dan garam mineral yang tentu saja sangat bergizi dan diperlukan selama kehamilan.

buah asam didalam kismis terdapat asam folat dan asam pantotenat yang berguna untuk pertumbuhan serta gula alami sebagai produksi energi untuk bagi tubuh. selain itu vitamin B6 juga bisa anda temukan di dalam kismis jadi nutrisinya bisa dibilang cukup lengkap.

cara penyajian :
a. bahan utama kismis adalah buah anggur jadi siapkan anggur yang sudah matang kira-kira 1/2 kg.
b. masukan anggur tersebut ke dalam lemari/ kotak kecil khusus pengering dan biasanya lemari tersebut terbuat dari kayu.
c. taruhlah lemari tersebut di bawah sinar matahari langsung dan biarkan selama 2-3 minggu serta jangan lupa seringlah bolak-balik anggur tersebut agr kerignya merata.
d. pindahkan ke tempat yang tidak terkena matahari selama 1 minggu dan jika sudah kering kismis tersebut bisa langsung anda konsumsi.

note : cara mengetahui sudah kering atau belum adalah dengan menekanya bila masih keluar air tandanya belum kering atau jika anda tidak ingin repot bisa membelinya langsung di supermarket banyak yang menjualnya.

porsi anjuran:
sebaiknya konsumsi kismis tersebut kurang lebih 5-7 butir perhari.

2. Telur rebus
telur mengandung tinggi protein dan kolin yang mana sangat berguna utntuk pertumbuhan dan perkembangan sel saraf otak janin. kandungan lain dari telur adalah vitamin A, B kompleks, D yang berguna untuk penyerapan kalsium, dan mineral seperti zat besi, fosfor, sodium, dan kalsium.

cara penyajian:
a. siapkan telur mentah yang masih baik (lebih baik telur ayam atau telur bebek) dan cuci bersih
b. siapkan air rebusan 2 gelas dan didihkan.
c. setelah mendidih tambahkan bumbu agar menambah cita rasa telur rebus tersebut dengan bawang merah dan sedikit garam
d. masukan telur dan tunggu kurang lebih 15 - 20 menit dan telur rebus sehat sudah siap diangkat.

porsi anjuran:
sebaiknya konsumsilah telur rebus tersebut 1 butir setiap hari.

3. Salad
cemilan sehat yang ketiga adalah salad makanan ini banyak sekali penggemarnya lantaran terbuat dari buah-buahan dan sayuran segar yang banyak mengandung vitamin dan mineral. anda juga bisa membuatnya dirumah lho bunda dan yang terpenting ini mudah, lalu bagaimana cara membuatnya simak penjelasan dibawah ini ya.

cara penyajian:
a. siapkan buah-buahan segar seperti agar-agar, pir, apel, pepaya, melon, kiwi atau buah-buahn apa saja terserah selera anda yang penting buah-buahan tersebut baik untuk kehamilan.

b. siapkan bahan untuk membuat saus mayonaise seperti keju parut secukupnya, 100 gram gula pasir,  1 gelas kecil atau 250 ml susu cair, 1 SDM tepung maizena, dan 6 SDM mayonaise.

c. campurkan tepung maizena dan 4 sdm susu cair dan aduk-aduk hingga larut.

d. campurkan antara larutan maizena, sisa susu tadi, dan gula ke dalam wajan kecil kemudian masak hingga kental dan mengeluarkan letupan-letupan.

e. angkat adonan tadi dan tambahkan mayonaise dan aduk-aduk hingga merata selanjutnya simpan ke dalam lemari pendingin.

f. buah-buahan yang telah disipakan tadi dipotong-potong kecil atau sesuai selera dan masukan ke dalam 1 wadah dan tuangkan saos mayonaise racikan anda di atasnya

g. terakhir, salad special ala bunda siap di santap.

porsi anjuran:
sebaiknya konsumsilah 1 mangkuk ukuran sedang setiap hari.

4. Yogurt
susu asam ini juga layak anda jadikan sebagai makanan snack setiap hari karena kandungan asam laktat, protein, vitamin B6, B12, riboflavin, magnesium, kalsium, dan seng yang cukup tinggi. serta bisa membantu sistem pencernaan tetap dalam kondisi baik.

sedangkan manfaat lain yang perlu anda tahu yaitu mencegah potensi penyakit darah tinggi, mencegah infeksi pada alat kelamin, membantu perkembangan janin, menyehatkan usus, dan mencegah penyakit kanker.

cara penyajian:
a. siapkan 1 liter susu murni dan bibit yogurt (bibit yogurt bisa anda dapatkan di supermarket terdekat).

b. didihkan susu murni sampai agak mendidih kemudian tapi jangan sampai mendidih agar kandungan protein tidak sampai hilang.

c. setelah kurang lebih 1/2 jam angkat susu tersebut dan campurkan dengan bibit yogurt kurang lebih 5% dari banyaknya susu tersebut dan aduk-aduk hingga merata.

d. masukan campuran tersebut dan tutup dengan kain bersih untuk menciptakan kondisi gelap agar bakteri fermentasi bisa tumbuh dan diamkan sampai 1 hari.

e. saat sudah mulai muncul lapisan kuning aduk lagi dan bisa anda tambahkan dengan buah-buahan dan yogurt siap dinikmati.

porsi anjuran:
makanlah yogurt setiap hari kurang lebih 1 gelas saja.

5. Ubi rebus
ubi mengandung tinggi karbohidrat kompleks yang cukup memenuhi kebutuhan energi anda selama hamil setiap hari. perlu diketahui karbohidrat kompleks akan memberikan rasa kenyang lebih lama dari pada karbohidrat sederhana dan nasi putih merupakan contoh karbohidrat sederhana.

kandungan nutrisi ubi jalar antara lain vitamin A, C, zat besi, serat, kalium, dan vitamin B6, dan gula. maka dari itu ubi jalar juga bisa dijadikan sebagai alternatif makanan sehat anda selama hamil.

cara penyajian:
a. siapkan ubi jalar beberapa butir kemudian bersihkan sampai degan air.
b. didihkan air kurang lebih 3 gelas di dalam panci dan setelah air mendidih masukan ubi tadi tetapi harus pakai sarangan ya.
c. setelah 40 menit anda bisa langsung angkat dan siap untuk dihidangkan.

porsi anjuran:
sebaiknya konsumsi ubi jalar 1 ukuran sedang setiap hari.

6. Biskuit gandum
gandum mengandung tinggi serat yang mana berguna untuk melancarkan pencernaan. selain itu, bagi bunda yang ingin tetap tampil langsing setelah melahirkan biskuit gandum bisa menjadi pilihan.

karena, The American Journal of Clinical Nutrition memberikan hasil penelitianya bahwa gandum sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami peningkatan berat badan.

cara penyajian:
sebenarnya biskuit gandum bisa anda dapatkan dengan mudah di supermarket terdekat namun bila anda ingin mencoba membuatnya sedniri dirumah bisa mengikuti cara berikut ini.

a. bahan-bahan = 4 sdt baking powder, 240 ml susu rendah lemak, 220 gr tepung gandum, 55 gr mentega beku, dan 1/2 sdt garam.

b. campurlah bubuk gandum, baking powder, serta garam di dalam wadah kemudian aduk hingga merata.

c. potong mentega sebesar kacang polong selanjutnya masukan kedalam adonan campuran tadi dan sekali lagi aduk-aduk.

d. hancurkanlah potongan mentega tadi dan tuangkan susu sekali lagi aduk selanjutnya anda bisa memijat-mijat adonan tersebut dan pipihkan sampai kurang lebih 2 cm.

e. cetak dengan cetakan yang sebelumnya anda siapkan atau dengan gelas yang dibalik juga boleh.

f. kemudian panggang cetakan tersebut ke dalam oven yang bersuhu 220 derajat celcius selama kurang lebih 12 menit dan angkat.

g. terakhir biskuit gandum siap disantap.

porsi penyajian:
sebaiknya konsumsi biskuit gandum tersebut 5 potong setiap hari.

HAL-HAL YANG PERLU ANDA PERHATIKAN DALAM MEMILIH CEMILAN

nah, tadi anda sudah membaca beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil sekarang bila bunda ingin mencoba makanan ringan yang lain sebaiknya untuk mengetahui beberapa hal dibawah ini:

1. hindarilah makanan yang terlalu manis atau mengandung gula yang sangat tinggi namun sangat rendah nutrisi.
2. hindari juga makanan yang terlalu asin ya bunda serta tinggi kalori.
3. hindari makanan yang mengandung alkhohol dan zat adiktif berbahaya (zat pengawet makanan pabrik termasuk zat adiktif)


bunda pasti percaya jika apa yang anda konsumsi pasti akan memberi pengaruh terhadap tumbuh kembang janin maka dari itu pemilihan cemilan sehat untuk ibu hamil harus dilakukan dengan lebih teliti yang menitik beratkan pada faktor nutrisi serta gizi dan juga faktor resiko.

sekian artikel kali ini semoga bermanfaat ya, terima kasih bunda cantik.






0 Response to "Cemilan Sehat Terbaik Untuk Ibu Hamil Muda"

Posting Komentar