Tips Ampuh Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Saat Hamil


hai bunda cantik, apakah anda sekarang tidak nafsu makan? atau anda hanya ingin tahu kenapa ibu hamil menjadi sangat tidak berselera dengan makanan yang padahal dulu begitu menyukainya?

makan adalah salah satu kebutuhan tubuh untuk terus menjaga proses metabolisme dan keseimbangan tubuh. bayangkan, apa yang terjadi jika anda kurang mendapatkan asupan makanan?

oke, saya yakin anda pasti sudah mengetahuinya bahwa ibu hamil sangat penting untuk terus menjaga asupan makanan sehat dan anda pasti juga tahu dampak yang ditimbulkan jika kurang menjaga asupan makanan kan?

jika anda adalah salah satunya maka artikel ini sangat tepat untuk anda baca karena saya menulisnya agar menjadi panduan terbaik untuk anda yang ingin meningkatkan nafsu makan.

Tips Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Pada Ibu Hamil

ketahui penyebabnya!

bunda, penting untuk anda untuk mengetahui penyebab nafsu makan yang berkurang ketika hamil karena akan lebih mudah bagi anda untuk mengatasinya nanti.

secara umum, banyak wanita hamil yang nafsu makanya menurun karena beberapa hal di bawah ini:

1. Perubahan Hormon
wanita yang hamil sudah tentu hormonya akan berubah juga untuk membantu menyeimbangkan tubuh terhadap embrio yang terus membesar.

ketika hormon progesteron dan estrogen terus mengalami peningkatan maka akan berdampak pada uterus yang akan menebal dan membuat sistem pencernaan di dalam tubuh menjadi lambat.

2. Mual dan Muntah
mual dan muntah atau morning sickness adalah salah satu keluhan yang harus dihadapi oleh ibu hamil. menurut American Pregnancy Association sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami tidak nafsu makan yang disebabkan oleh mual dan muntah.

mual dan muntah itu sendiri biasanya disebabkan oleh HCG (Human Chorionic Gonodotropin) adalah sebuah hormon yang diproduksi oleh plasenta saat awal kehamilan yang memicu tubuh terjadinya mual serta muntah.

cara terbaik untuk menghilangkan morning sickness adalah dengan menghindari makanan pedas dan bersantan dan banyak mengkonsumsi makanan yang manis.

3. Konstipasi
konstipasi adalah suatu gejala dan bukan sebuah penyakit yang dimana feses (maaf tinja) susah sekali untuk keluar yang disebabkan oleh mengering dan kerasnya feses itu sendiri di dalam usus besar. 

dalam bahasa indonesia hal ini lebih biasa kita kenal dengan sembelit. dan ibu hamil cukup sering mengalami konstipasi yang berdampak pada perut yang tidak nyaman yang akhirnya membuat nafsu makan menurun.

jika ini terjadi disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. dan cukup olahraga seperti senam khusus ibu hamil.

4. Faktor Psikologi
faktor psikologi ternyata juga ikut berpengaruh untuk membuat anda kehilangan nafsu makan lho bunda maka dari itu anda harus cepat tanggap dalam hal ini.

contoh faktor psikologi adalah saat ketika si ibu justru tidak mengharapkan kehamilan itu sendiri maka akan membuat dirinya malas untuk merawat kehamilanya.

untuk masalah ini cara terbaik menghilangkanya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter psikologi terdekat.

5. Terlalu pilah-pilih makanan
nah, untuk yang satu ini saya cukup sering mendengar dari curhatan-curhatan para ibu di forum atau group facebook.

memang baik untuk menjaga kualitas makanan yang anda konsumsi namun jika anda terlalu takut justru itu akan berdampak buruk juga kan?

ada baiknya anda coba sering bertanya ke dokter atau bidan untuk berkonsultasi seputar makanan.

6. Sensitif penciuman
ada begitu banyak keluhan yang harus dihadapi oleh ibu hamil yang salah satunya keluhan indra penciuman yang begitu sensitif sehingga akan berdampak pada nafsu makan anda.

ada baiknya anda menghindari bau-bau makanan tertentu yang membuat anda menjadi sensitif. sensitifitas tersebut pasti akan membuat anda mual bukan?

7. Metabolisme glikogen hati berubah
ada kalanya anda harus cukup mewasapadai akan hal ini. jika ini sampai terjadi maka akan menyebabkan rasa yang cukup tidak nyaman pada perut bagian atas dan membuat anda enek.

8. Gangguan pencernaan
gangguan pencernaan meliputi banyak hal diantaranya apabila anda makan makanan terlalu panas, diare, dan kekurangan enzim laktasit.

untuk mengurangi hal ini sebaiknya anda meminum minuman yang telah dicampur dengan oralit yang bisa anda dapatkan di apotek terdekat. serta makan makanan yang agak lunak dan hangat.

cara mengatasi nafsu makan menurun ketika hamil

nah, kita sudah sampai di pembahasan utama setelah anda mengetahui penyebabnya sekarang bagaimana cara anda untuk menambah nafsu makan tersebut.

sebagian dari kita terkadang lupa untuk mengetahui penyebabnya sehingga dalam penangananya kurang maksimal. nah, berikut saya rangkum cara mengatasinya yang semoga bisa membantu anda melakukan langkah yang paling tepat.

1. Perbanyak minum air putih
bunda sudah tahukan fungsi air putih? air putih berguna untuk melancarkan proses metabolisme dalam tubuh dan juga sebagai pelengkap kebutuhan cairan di dalam tubuh.

jika nafsu makan anda menurun lantaran sembelit atau konstipasi maka air putih bisa dijadikan sarana yang tepat untuk mengobatinya.

selain itu, air juga akan menghindarkan anda dari dehidrasi jika anda terserang diare. sudah tahukan bunda bila diare ngeluarin cairan mulu maunya.

2. Penuhi kebutuhan serat
serat memiliki fungsi vital sebagai pelancar pencernaan jika pencernaan anda terganggu maka nafsu makan anda juga ikut bermasalah.

dan sembelit juga merupakan akibat dari tubuh yang kekurangan serat lho bunda. anda bisa mendapatkan serat dengan mudah kok bunda dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang, pepaya, mangga, dan gandum.

3. Makan sari kurma
buah asli arab ini memiliki khasiat yang cukup banyak untuk ibu hamil diantaranya adalah mencegah sembelit, diare, anemia, masalah usus, dan jantung.

jika masalah nafsu makan bumil adalah karena sembelit maka kurma juga bisa dijadikan obat yang sangat tepat. selain itu, kandungan berbagai nutrisi dan mineral penting seperti vitamin A, K, folat, thiamin, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor dll sangat baik untuk kesehatan wanita yang tengah hamil.

4. Hindari makanan pemicu gas
makanan yang mengandung gas jika anda konsumsi akan membuat perut menjadi pegah dan sangat-sangat tidak nyaman. selain itu, rongga perut anda akan cepat enek karena sudah ada si dede bayi masih di tambah dengan angin.

dampaknya tentu saja akan membuat anda kehilangan nafsu makan secara drastis. umumnya makanan pemicu gas adalah kacang tanah atau bumbu-bumbu yang di olah dengan kacang tanah contohnya, siomay, sambel kacang, gado-gado, ketoprak, dan lain-lain.

5. Cukupi kebutuhan protein
salah satu fungsi protein adalah mengatur nafsu makan. sehingga bila anda mencukupi kebutuhan protein di dalam tubuh secara tidak langsung akan berperan dalam membantu menjaga nafsu makan anda tetap tinggi.

beberapa makanan yang umum mengandung protein tinggi adalah susu (tapi pilih yang rendah lemak saja), tempe, telur, kecambah, dan kacang-kacagan (kecuali kacang tanah karena sudah dibahas di nomor 4).

6. Perbanyak konsumsi buah segar
buah-buahan segar yang berasa manis akan cukup ampuh mengatasi tidak nafsu makan karena mulut anda yang terasa pahit lantaran sering mual dan muntah.

dan biasanya buah-buahan segar mengandung tinggi vitamin C yang membuat tubuh anda tetap segar karena kurang mengkonsumsi makanan. contoh buah-buahan segar adalah, jeruk, apel, anggur, pisang, dan lain sebagainya.

7. Berpikir untuk dede bayi
saya percaya bila kekuatan pengorbanan seorang ibu terhadap anaknya tidak tertandingi bahkan suami anda sekalipun tidak mampu menandingi kasih sayang anda terhdap anak.

nah, kekuatan psikologis ini bisa anda terapkan untuk meningkatkan nafsu makan anda. bila anda agak ogah-ogahan maka cobalah untuk mengingat bahwa anda harus tetap makan yang semuanya khusus untuk si dede bayi.

Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Saat Hamil

8. Tetap makan sedikit namun sering
saya tahu bagaimana rasanya tidak nafsu makan tetapi harus tetap makan rasanya seperti harus berdiri menggunakan satu tangan.

oke, tadi itu sedikit berlebihan tetapi ini memang benar anda harus tetap makan. misalnya anda makan 2 - 3 sendok kemudian berhenti selang 20 menit selanjutnya makan lagi 2 - 3 sendok kemudian berhenti lagi.

saya rasa hal ini masih lebih baik dari pada memaksa anda untuk memakan semuanya sekaligus yang justru malah akan membuat anda muntah.

9. Hindari makanan bersantan
makanan yang mengandung santan bisa memicu terjadinya kembung di lambung. selain itu juga bisa menyebabkan iritasi lambung juga lho bunda.

tetapi, tidak hanya santan juga makanan yang asam dan kacang tanah juga masuk dalam daftar makanan yang harus anda hindari karena bisa mengurangi nafsu makan anda.

10. Konsumsi suplemen alami
saya terkadang tidak habis pikir banyak produk suplemen penambah nafsu makan yang katanya terbuat dari bahan alami dan tanpa efek samping.

tetapi menurut saya pribadi, segala macam obat atau suplemen yang terbuat di pabrik pasti mengandung bahan pengawet kimia yang sudah pasti mengandung efek samping.

terus bagaimana solusinya? madu! yup, benar madu adalah salah satu suplemen alami penambah nafsu makan. anda bisa mengkonsumsinya setiap hari tanpa perlu mengkhawatirkan efek sampingnya.

akhir kata....

banyak bumil yang takut jika nafsu makanya terganggu maka akan berdampak pada janin dan sialnya itu memang benar adanya. maka dari itu jika anda merasakan nafsu makan yang makin hari semakin menurun segera lakukan tindakan untuk mengatasinya dengan tepat.

oh iya, jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong bantu share melalui tombol sosial di bawah ini ya, terima kasih bunda cantik.









1 Response to "Tips Ampuh Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Saat Hamil"