10 Makanan dan Minuman yang Dapat Menggugurkan Kandungan


hai bunda cantik, apakah anda tahu ternyata cukup banyak makanan yang dapat mengugurkan kandungan?

maka dari itu kehamilan yang sehat berarti tidak jauh dari mengkonsumsi makan sehat untuk ibu hamil. beberapa masalah kehamilan kerap terjadi dan salah satunya bisa ditimbulkan oleh makanan yang telah saya rangkum berikut ini:

Makanan dan Minuman yang Dapat Menggugurkan Kandungan

source image : http://www.momjunction.com/articles/foods-definitely-avoid-pregnancy_0022296/

1. Buah Durian
buah yang dapat mengugurkan kandungan yang dan diyakini banyak dialami oleh wanita yang tengah hamil. hal ini tidak jauh diakibatkan oleh kandungan asam arachidonat yang terkandung di dalam buah durian. 

yang berbahaya jika asam ini sudah terpicuuntuk membentuk sebuah senyawa prostaglandin yang akan bereaksi cukup cepat dan mengakibatkan kontraksi dini dan akan menganggu janin.

selain cukup menganggu, jika kontraksi-kontraksi tersebut dibiarkan saja dalam rentan waktu yang cukup lama akan berakibat cukup fatal yaitu bisa menyebabkan keguguran.

tidak hanya disitu saja buah durian juga mengandung alkhohol. seperti yang kita tahu ibu hamil sangat dilarang untuk mengkonmsi makanan atau minuman yang mengandung alkhohol. 

ini dikarenakan akan mengganggu perkembangan janin serta bisa berakibat cukup fatal yaitu kelahiran prematur atau bisa juga kelahiran bayi dengan berat badan yang sangat rendah. bayi dikatakan memiliki berat badan rendah yaitu jika beratnya dibawah 2,5 kg.

2. Buah Nanas Muda
makanan yang dapat mengugurkan kandungan yang kedua yaitu nanas muda. nanas mengandung tinggi vitamin C namun itu khusus hanya yang sudah matang saja. lalu bagaimana dengan yang masih muda?

kandungan enzim bromelain yang sangat tinggi pada buah nanas muda namun akan berkurang jika suda matang. enzim bromelain ini akan berbahaya jika sampai terkonsumsi lho bunda karena akan bereaksi sangat cepat terhadap rahim wanita dan suhu air ketuban yang berujung pada kerusakan janin.

pertama-tama dampak yang ditimbulkan adalah menghambat pertumbuhan janin kemudian semakin lama janin tersebut berhenti berkembang dan akhirnya....... bunda pasti sudah tahu apa yang selanjutnya terjadi..!

dampak mengerikan ini bisa terjadi saat ibu hamil mengkonsumsinya pada saat trimester awal kehamilan. namun, jika memakan nanas muda saat sudah di trimester kedua atau akhir dampak yang ditimbulkan juga tetap mengerikan seperti bayi lahir cacat, bibir sumbing, atau prematur.

3. Buah Pepaya Muda
saya cukup sering mendengar ini dibahas melalui forum-forum kesehatan ibu hamil. dan pada saat hamil sebaiknya anda menghindari buah ini lagi pula juga rasanya tidak cukup enak.

buah pepaya muda masih cukup banyak mengandung getah yang jika sampai termakan akan menyebabkan kontraksi-kontraksi pada otot di sekitar organ kewanitaan. tetapi saya belum menemukan penelitian ilmiah yang membahas khusus tentang hal ini.

namun, sebaiknya anda menghindarinya saja karena bukankah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. dengan tidak mengkonsumsinya maka anda telah mencegah sesuatu yang mungkin bisa berakibat buruk dikemudian hari.

4. Minuman Keras 
minuman keras tidak lepas dari alkhohol, mercuri, dan soda dan bahaya dari alkhohol sudah saya bahas pada nomor 1. sebagai tambahan saja minuman tersebut pada beberapa contoh kasus yang sering terjadi di indonesia sering menyebabkan:

  • gangguan mental pada janin
  • merusak otak janin
  • kelahiran prematur
  • berat badan rendah pada bayi
  • bentuk kepala bayi bisa abnormal/aneh
  • menganggu daya ingat
  • menganggu pernafasan
5. Keju Feta
keju feta merupakan salah satu keju yang cukup populer dan makanan ini dibuat dengan bahan dari susu domba bukan dari susu sapi. serta biasanya juga ada yang membuatnya dengan ditambahkan dengan susu kambing.

keju putih lembut berasa asin ini juga cukup berbahaya untuk kehamilan karena dikhawatirkan mengandung Listeriosis. jika anda sampai terinfeksi listeriosis ketika hamil akan beresiko bayi mengalami kelahiran prematur, keguguran, dan penyakit parah lainya.

namun, bagaimana jika anda adalah seorang pecinta keju?
anda bisa menggangtinya dengan keju mozarella karena lebih aman dan dipasteurisasi dengan baik.

source image : https://www.pinterest.com/idowudesigns/living-healthy-in-2014-with-kelloggs-special-k-and/

6. Ikan Tenggiri
ikan tenggiri memang banyak mengandung omega 3 yang memang nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan salah satu sumber yang harus ada dari makan sehat. namun, jika anda mengkonsumsi ikan tenggiri percayalah lebih banyak efek negatifnya dibandingkan manfaatnya.

karena, kandungan merkuri pada ikan ini sangatlah tinggi serta bahayanya sendiri adalah mengganggu tumbuh kembang otak serta merusak sel saraf pada janin. selain itu, hindari juga mengkonsumsi ikan mentah seperti sushi karena dikhawatirkan bakteri yang terkandung di ikan tersebut.

anda bisa mengkonsumsi makanan lain yang lebih direkomendasikan seperti salmon, udang, tuna, atau nila karena lebih aman untuk bayi anda yang belum lahir. sedangkan makanan lain yang mengandung merkuri adalah ikan tuna sirip biru, kerapu, monkfish, 

7. Kopi/teh Berkafein
sementara ini jumlah batas aman dari kafein yang boleh dikonsumsi oleh wanita hamil masih menjadi perdebatan oleh banyak ahli. dan saran terbaik dari dokter yaitu sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi kafein maksimal 200 mg perhari.

sedangkan, 1 cangkir kopi yang biasa anda buat di rumah mengandung setidaknya 100-200 mg kafein. namun, jika anda meminum kopi di coffe shop kandungan kafeinya lebih dari itu. seperti banyak dibicarakan oleh para dokter kafein bisa menembus plasenta dan mempengaruhi detak jantung janin serta beresiko kelahiran berat badan rendah pada bayi.

sementara itu, banyak kalangan juga menganjurkan untuk menghindari kafein sama sekali dan saran terbaik dari saya sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan terdekat.

8. Daging Olahan (sossis)
makanan yang dilarang untuk ibu hamil selanjutnya yaitu daging olahan karena beresiko menyebabkan Listeriosis.

Listeriosis adalah suatu penyakit dari bawaan makanan yang sangat berbahaya dan dapat mengugurkan kandungan, prematur, kematian janin di dalam kandungan, dan penyakit lainya.

perlu kita tahu, selama hamil wanita lebih rentan terhadap berbagai penyakit jadi penting bagi bunda untuk benar-benar menjaga asupan makanan yang anda konsumsi.

9. Hati
saya yakin anda pasti cukup kaget kenapa hati saya masukan ke dalam daftar makanan yang dapat menggurkan kandungan. karena setelah saya cari informasinya lebih lanjut hati mengandung tinggi vitamin A lantas ada apa dengan vitamin A?

perlu anda tahu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A pada saat trimester pertama beresiko tinggi bayi mengalami kecacatan saat lahir nanti. namun, vitamin A juga merupakan bentuk dari beta karoten yang baik untuk kehamilan.

jadi, konsumsilah vitamin A yang sewajarnya saja ya bunda.

10. Telur Mentah
telur mentah kerap kali dikonsumsi oleh masayarakat indonesia sebagai jamu penambah stamina. namun, bagi anda wanita yang sedang hamil jangan pernah coba-coba ya bunda.

karena dikawatirkan telur tersebut mengandung Salmonella. sebenarnya janin tidak bisa terinfeksi salmonella yang terinfeksi adalah sang ibu. tetapi, jika sang ibu sampai terinfeksi penyakit ini maka akan menularkanya ke janin dan efek buruknya akan menyebabkan persalinan dini atau keguguran.

Akhir kata........

menjaga kesehatan kehamilan dengan menjauhi makanan yang dapat menggugurkan kandungan bisa anda lakukan dari sekarang atau dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan terdekat agar kesehatan anda dan janin tetap terjamin, terima kasih bunda cantik.







0 Response to "10 Makanan dan Minuman yang Dapat Menggugurkan Kandungan"

Posting Komentar