18 Tanda Awal Kehamilan Wanita Muda Lengkap+INFOGRAFIS


hai bunda cantik, apakah diri anda menunjukan tanda gejala kehamilan?

baca lebih lanjut karena saya akan memberikan ulasan dan tips mengetahui kehamilan dengan cara paling sederhana.

tahukah anda, jika kebanyakan wanita hamil terkadang merasa kesulitan untuk menetukan kehamilanya dan sangat tergantung dengan test pack. padahal, ada beberapa cara lain yang lebih mudah dan sederhana.

tetapi sebelum bunda cantik membaca lebih jauh mari kita bersama-sama mengetahui tanda dan gejala kehamilan yang mungkin belum anda ketahui.

tanda awal kehamilan wanita

TANDA KEHAMILAN BELUM PASTI 

mengapa disebut belum pasti? karena memang pada tahap ini masih belum bisa diketahui dengan jelas dan masih ada kemungkinan lainya. untuk mengetahuinya masih diperlukan waktu yang lebih lama lagi, biasanya tahapan ini terjadi setelah pembuahan serta anda dapat mengetahui tandanya sebagai berikut.

a. terlambat atau tidak dapat haid
menstruasi merupakan siklus alami bulanan yang dialami wanita. namun, ada beberapa hal yang menyebabkan haid menjadi telat yaitu karena setelah pembuahan sel telur akan masuk dan menempel ke dinding rahim dan ini sudah tidak dapat di keluarkan lagi.

b. sering buang air kecil
air kecil memang seharusnya di buang karena jika ditahan justru bisa menimbulkan resiko penyakit. namun, yang jadi masalah jika terlalu sering buang air kecil tentu hal ini akan sedikit merepotkan anda bukan?

jika penyebab sering buang air kecil karena hamil maka kemungkinan besar si calon janin menekan kandung kemih yang membuat anda akan sering bolak-balik ke kamar mandi.

c. mual dan muntah
setiap orang hamil memang akan merasakan ini dan akan terus terjadi dari triwulan pertama sampai akhir. mual dan muntah pada orang hamil pada orang barat lebih akrab dengan sebutan morning sickness. padahal makanan sehat terbaik harus tetap anda konsumsi untuk menjaga kesehatan anda dan janin.

d. ngidam ( ingin memakan makanan khusus)
saya sering mendengar suatu mitos lucu mengenai ngidam yaitu katanya itu adalah bawaan orok dan kalau tidak dituruti nanti bayinya akan ileran.

hayo, pasti anda juga sering menggunakan mitos tersebut untuk meminta dibelikan sesuatu oleh suami kan? ayo..ayo ngaku aja! tetapi ngidam juga perlahan akan sedikit berkurang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

e. mudah lelah
mudah lelah terkadang sering dikaitkan dengan kekurangan darah. namun, khusus untuk gejala dari kehamilan biasanya tidak munjukan kepucatan pada wajah.

yang harus diwaspadai adalah seseorang ibu hamil yang mempunyai daftar riwayat penyakit darah rendah yang bisa mengakibatkan sampai pingsan. untuk hal ini sebaiknya anda mendapatkan banyak istirahat dan mengurangi kegiatan fisik yang terlalu menguras tenaga.

f. terdapat bercak darah dan kram perut
tidak semua wanita mengalami tanda awal kehamilan seperti ini yang terdapat bercak darah di sekitar miss V. tetapi yang perlu kita tahu biasanya hal seperti ini terjadi pada kurun waktu 1 sampai 2 pekan sejak pembuahan terjadi.

penyebab utamanya yaitu saat proses menempelnya calon embrio di dinding rahim dan bisa membuat anda mengeluarkan bercak darah selain itu juga bisa membuat masalah lain seperti kram perut.

g. perubahan warna kulit (pigmentasi)
perubahan warna kulit ini juga cukup sering dialami oleh kebanyakan wanita hamil lho. yakni perubahan tersebut terjadi pada puting dan sekitar perut bagian bawah.

h. gusi berdarah
belum ada penelitian khusus yang menjelaskan hal ini tetapi cukup sering dijumpai wanita yang di diagnosa positif hamil sebelumnya mengalami gusi berdarah atau dalam bahasa inggrisnya lebih di kenal dengan hipertrofi papilla ginggivae dan hanya terjadi di triwulan pertama.

i. sering meludah dan tidak nafsu makan
sering meludah sering dikaitkan dengan ciri kehamilan karena mulut anda seperti merasakan ada yang tidak enak dan kadang disertai dengan nafsu makan yang cenderung menurun. namun, ciri kehamilan ini terjadi pada triwulan pertama saja setelah itu nafsu makan anda akan kembali normal.

j. sakit kepala
kadang sakit kepala juga mendera wanita yang tengah hamil muda. kemungkinan besarnya lantaran pengaruh perubahan hormon dan bentuk antisipasi tubuh anda terhadap perubahan tersebut.

k. sakit pada punggung
perlu diingat ya bunda, jika tubuh anda terlalu lelah juga bisa mengakibatkan sakit punggung. namun, bila ini disebabkan karena kehamilan berarti perubahan embrio di dalam rahim cukup mempengaruhi tulang belakang anda lantaran bebanya yang terus bertambah.

l. sensitif terhadap bau
mungkin gejala ini akan membuat bunda sedikit risih jika mencium bau yang sangat menyengat bahkan jika terlalu lama mencium bau yang tidak bersahabat tersebut bisa membuat anda mual dan muntah.

gejala utamanya adalah karena kadar eksterogen di dalam tubuh yang naik. namun, penyebab khususnya sampai saat ini belum diketahui.

m. perubahan emosi yang cepat
ada salah satu gejala kehamilan yang unik tetapi cukup sering dialami oleh wanita hamil yaitu perubahan emosi yang mudah sekali terpengaruh oleh lingkungan.

biasanya si ibu akan mudah sekali senyum-senyum dan hatinya teramat riang tetapi di akhiri dengan menangis tanpa sebab. untuk antisipasinya sebaiknya bunda menghindari film atau novel yang emosional.

TANDA-TANDA KEHAMILAN PASTI

tahukah bunda, masa kehamilan normal manusia yaitu 480 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) di hitung dari sejak menstruasi terakhir kali.

setelah anda merasakan tahapan pertama yang tidak pasti tersebut dan kita asumsikan hampir semuanya bunda telah merasakanya. mungkin sekarang bunda bertanya dalam hati "apakah saya hamil?". 

namun, dari pada anda penasaran yuk kita lanjut ke tahap berikutnya untuk mengetahui gejala awal kehamilan yang pasti hamil. berikut ulasanya yang telah saya rangkum untuk anda:

a. perut membesar
jika anda memang positif hamil maka perut membesar merupakan hal pasti dan normal karena sekarang embrio di dalam rahim anda mulai berubah menjadi janin.

pada tahap ini rahim mulai bisa dirasakan atau diraba dari luar dan akan semakin terus membesar setelah 14 minggu.

b. perubahan pada uterus/rahim
uterus adalah suatu sistem reproduksi pada wanita yang letaknya ada di dalam panggul. perubahan-perubahan tersebut meliputi ukuranya yang membulat dan semakin membesar serta konsistensinya.

c. tanda chadwick
pada gejala ini vulva dan serviks akan berubah warna menjadi biru keungu-unguan. vulva adalah organ kewanitaan bagian terluar.

d. gerakan janin
saat ketika perut anda mulai membesar dan janin anda sudah mulai terbentuk dengan sempurna maka anda bisa dengan mudah merasakan gerakanya hanya dengan sentuhan lembut. atau bisa dilihat secara langsung melalui foto rontgen.

e. perubahan pada payudara
mungkin anda akan sedikit terkejut dengan salah satu perubahan fisik yang satu ini. tetapi jika anda memang benar positif hamil maka hal ini adalah normal.

perubahan ini dikarenakan hormon di dalam tubuh anda berperan aktif dan biasanya akan membuat payudara anda akan sangat sensitif jika terkena sentuhan, ukuranya membesar dari biasanya, sangat tidak nyaman jika memakai bra, dan puting mengalami pembengkakan.

memang kita yang diciptakan sebagai wanita rasanya belum pernah lengkap menjadi wanita seutuhnya jika tidak mempunyai anak dan bisa hamil adalah anugerah tersendiri yang diberikan tuhan kepada anda.

salah satu tanda awal kehamilan yang telah kita bahas tadi dimanakah yang tidak anda alami atau anda mempunyai gejala khusus? 

sekarang kita akan melanjutkan pembahasan bagaimana cara mengetahui kehamilan? saya telah membagi tipsnya menjadi 2 golongan yakni secara sederhana dan medis. berikut pembahasanya.

CARA MENGETAHUI KEHAMILAN SEDERHANA

untuk dapat mencari tahu apakah anda hamil atau tidak sebenarnya juga bisa dilakukan dengan test sederhana yang bisa anda sendiri lakukan dengan mudah tanpa menggunakan testpack dirumah lho bunda. tidak usah berlama-lama berikut rangkumanya :

a. uji coba sabun
beberapa langkah ini bisa anda terapkan dirumah caranya yang pertama yaitu sipkan sabun mandi dan campurkan dengan air kencing pertama anda sewaktu pagi. jika keluar gelembung yang cukup banyak maka bisa dipastikan anda memang sedang hamil.

b. uji coba pasta gigi
pasta gigi juga bisa anda gunakan untuk mengetahui kehamilan sejak dini. penggunaanya juga cukup mudah yaitu anda tinggal mempersiapkan urin pertama anda saat pagi dan selanjutnya teteskan pasta gigi di urin tersebut. jika berubah warna menjadi biru dan mengeluarkan busa bisa kita simpulkan anda positif hamil.

c. uji coba pemutih pakaian
cara mengetahui kehamilan yang ketiga juga bisa dibilang sangat praktis. caranya anda bisa dengan menaruh cairan pemutih ke dalam wadah kecil selanjutnya tambahkan air urin anda sekitar 3-5 tetes. setelah beberapa menit lihatlah perkembanganya, jika campuran tersebut berbusa maka anda saat ini positif hamil.

CARA MENGETAHUI KEHAMILAN SECARA MODERN

sebagai penambah informasi kenapa kebanyakan test kehamilan paling baik dilakukan sewaktu pagi?

sebab saat anda tengah hamil muda akan banyak sekali mengeluarkan plasenta dan ketika pagi plasenta tersebut akan dikeluarkan bersama air kencing anda karena telah tercampur dengan urin di kandung kemih.

plasenta adalah suatu jaringan penghubung dengan bayi dan merupakan salah satu organ reproduksi wanita yang lebih kita kenal dengan ari-ari.

saya tahu anda mungkin sedikit ragu dengan uji coba sampel cara sederhana. sebagai gantinya mungkin tips yang lebih modern bisa anda gunakan. berikut rangkumanya untuk anda:

a. uji coba test pack
test pack sangat direkomendasikan oleh para dokter maupun bidan untuk mengetahui kehamilan secara lebih akurat.

anda bisa mendapatkan alat ini dengan cukup mudah melalui apotek-apotek terdekat dirumah anda. cara menggunakan test pack yang benar adalah sebagai berikut :

  • buka pembungkus test pack dan cuci tangan anda sebelum memulainya.
  • ada beberapa jenis test pack yang paling baik pilihlah yang mempunyai alat gagang langsung yang bisa anda gunakan tanpa menampung urin anda terlebih dahulu.
  • basahi alat uji dengan urin anda sekitar 5 - 10 detik dan tunggu hasilnya.
  • penggunaan alat test pack yang benar adalah menghadap ke atas dan setelah itu akan keluar hasilnya mungkin sekitar 5 - 10 menit.
  • jika anda melihat garis merah satu maka hasil adalah negatif. namun, jika anda melihat hasilnya garis merah 2 maka anda positif hamil.

b. pemeriksaan USG
untuk cara ini saya tidak bisa menerangkan lebih panjang karena anda harus pergi ke dokter agar mengikuti sebuah pemeriksaan USG dan keakuratan pemeriksaan ini jauh lebih tinggi daripada tes yang lain.

TAHAP-TAHAP KEHAMILAN

saya beberapa kali menemukan pertanyaan seputar kehamilan yang padahal cukup sederhana. namun, terkadang ada wanita muda yang belum sepenuhnya mengetahuinya.

seperti contohnya masa tahap kehamilan trimester. dan sebagai pelengkap iniformasi ini akan saya tulis dibawah ini:

a. trimester triwulan pertama adalah masa kehamilan yang memiliki rentang waktu antara 0 - 12 minggu.

b. trimester triwulan kedua adalah masa sebuah kehamilan yang berlangsung antara 12 - 28 minggu.

c. trimester triwulan terkahir adalah suatu proses kehamilan yang dimulai ketika memasuki usia 28 - 40 minggu menjelang persalinan.

bagaimana bunda apa informasi diatas membantu? jika bunda merasa artikel tentang tanda awal kehamilan ini bermanfaat silahkan share melalui tombol share di samping kiri berwarna hitam, terima kasih.











1 Response to "18 Tanda Awal Kehamilan Wanita Muda Lengkap+INFOGRAFIS"