4 Penyebab Bayi Rewel


Memiliki, mengurus, dan menjadi Ibu rumah tangga untuk dua orang anak yang masih kecil-kecil selain menyenangkan tentunya, juga menguras tenaga atau kerepotan :D. Tapi Alhamdulillah dinikmati saja meski saya mengurus dirumah tanpa pembantu. Anak pertama yang berusia 2,9 tahun sudah lebih mandiri dan bisa diatur. Namun untuk anak kedua yang baru berusia satu tahun ya masih belum banyak mengerti dan terkadang muncul rewel.

bumilpintar.com - Rewel identik dengan menangis. Karena pada bayi yang belum bisa bicara, menangis adalah satu-satunya komunikasi yang dapat ia lakukan. Jadi maklumi saja bunda ketika bayi rewel dan menangis. Tapi berdasarkan pengalaman, memang rewel pada bayi tidak ujug-ujug gitu saja rewel tanpa sebab. Setidaknya ada 4 penyebab bayi rewel yang bisa saya tangkap.

Penyebab Bayi Rewel


Bayi menjadi rewel selain ada sebabnya, juga sering rewel diwaktu tertentu. Kalau pada anak pertama dulu anak pertama saya (khalif) cukup sering rewel dimalam hari. Tapi untuk anak kedua, tidak terlalu rewel seperti anak pertama. Jadi apa saja penyebab rewel? Berikut 4 penyebab bayi rewel yang dialami anak saya dan mungkin terjadi pada bayi secara umum

1. Sedang sakit. Sakit disini bisa karena bayi demam, batuk, atau panas setelah di imunisasi. Kalau sedang sakit begini memang rewel nya tidak bisa ditolak sih, solusinya tentu diobati sakitnya atau biasanya cukup dengan memberikan ASI.

2. Tumbuh gigi. Bisa jadi ini penyebab bayi rewel yang sering terjadi. Karena pertumbuhan gigi kan tumbuhnya berangsur-angsur sedikit-sedikit. Jadi saat tumbuh itulah si bayi akan rewel. Biasanya bayi rewel saat tumbuh gigi ditandai juga dengan keluar air liur, sering gigit-gigit benda padat, atau menggigit puting ibu saat menyusui.

3. Bayi tidak nyaman. Ketidaknyamanan bayi bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti kepanasan atau kedinginan, kecapean atau lelah karena telah bepergian jarak jauh misalnya, ataupun popok basah. Perihal popok basah perlu diperhatikan nih karena popok yang lama tidak diganti bisa menyebabkan ruam pada kulit bayi yang berakibat bayi tidak nyaman. Jangan lupa untuk memastikan pakaian bayi tidak terlalu ketat dan tidak terlalu tebal atau tipis, disesuaikan dengan suhu sekitar saja. Anak saya biasa tidur dengan AC pada suhu 22 C dengan baju dan celana panjang (piyama). Jadi selain untuk tidur nyaman tidak kediginan, juga menghindari gigitan nyamuk pada tangan atau kaki.

4. Lapar atau haus. Yang paling mudah ditebak ketika bayi rewel biasanya adalah karena kehausan dan lapar. Langkah saya pertama kali pastinya menyusui anak atau memberikan ASI dahulu karena haus lebih sering dialami bayi dibandingkan lapar (untuk bayi dibawah satu tahun yang sudah mengenal makanan). Tapi hati-hati juga jangan sampai berlebihan memberikan ASI karena bisa saja bayi mengalami gumoh atau muntah.






0 Response to "4 Penyebab Bayi Rewel"

Posting Komentar