5 Gangguan Kehamilan dan Tips Mengatasinya


Hamil itu anugerah bagi setiap perempuan. Sayangnya, tak semua perempuan beruntung menjalani proses kehamilan mulus bak jalan tol. Berbagai keluhan seringkali timbul pada saat seorang wanita berbadan dua.

Apa sajakah gangguan yang kerap mengiringi perempuan yang tengah mengandung?

Berikut ini 5 Gangguan Kehamilan dan Tips Mengatasinya:

1. Sakit kepala  
Tak jarang malah ada yang sampai pingsan. Kenapa wanita hamil cenderung sakit kepala? Tak lain karena perubahan pada sistem peredaran darah yang disebabkan oleh kehamilan. Pembuluh darah cenderung melebar, sementara jantung harus memompa darah lebih kuat. Akibatnya, suplai darah ke otak untuk beberapa saat mungkin sempat terhenti atau terganggu yang menimbulkan rasa sakit di kepala secara tiba-tiba.

Tips: Olahragalah secara teratur untuk memperkuat jantung dan pembuluh darah

2. Mual dan muntah
Umumnya keluhan ini dialami oleh wanita hamil, terutama pada awal kehamilan atau trimester pertama, yang disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen selama kehamilan. Perubahan ini memengaruhi suasana hati ibu hamil, seperti timbul rasa mual yang berlebihan atau bau lain yang saat sebelum hamil tak menimbulkan reaksi apa-apa. Karena sering terjadi pagi hari saat bangun tidur, kita menyebutnya dengan morning sickness.

Tips: Minumlah segelas teh manis hangat dan sedikit biskuit sebelum beranjak dari tempat tidur. Jika keluhan tak kunjung reda dan cukup berat, pemakaian obat maag jenis antasida (contohnya Mylanta) dapat membantu secara efektif menetralkan asam lambung berlebih yang menyebabkan rasa mual dan naiknya asam ke kerongkongan. Obat jenis antasida umumnya aman dikonsumsi ibu hamil karena bahan-bahannya hanya bersifat menetralkan asam dan tidak diserap ke dalam tubuh. Namun bila Anda tidak terbiasa, baca aturan pakainya atau konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

3. Beser dan sembelit
Sering buang air kecil atau beser merupakan salah satu gejala yang dirasakan pada awal kehamilan, dan akan terasa juga saat memasuki minggu-minggu terakhir kehamilan. Ini terjadi karena kandung kemih letaknya bersebelahan dengan rahim, sehingga kapasitasnya berkurang seiring dengan membesarnya rahim. Makanya ibu hamil seing buang air kecil.

Untuk sembelit, keluhan ini timbul karena meningkatnya hormon progesterone selama kehamilan. Peningkatan hormon ini ada tujuannya lho, yaitu mengendurkan otot-otot rahim agar janin tetap di dalam uterus, yang juga berdampak terhadap mengendurnya otot dinding usus yang mengakibatkan sembelit.

Tips: Begitu ingin buang air kecil jangan ditunda. Waspada jika saat buang air disertai rasa panas dan nyeri. Untuk mengurangi semeblit, perbanyak minum dan konsumsi buah dan sayur berserat. Disiplinkan kebiasaan buang air besar

4. Anemia
Ibu hamil sering mengalami anemia akibat kekurangan zat besi. Kondisi ini disebabkan karena makanan yang dikonsumsi memang kurang unsure zat besi atau ada gangguan dalam pencernaan sehingga zat besi tak dapat diserap tubuh dengan baik. Ibu hamil dikatakan anemia jika kadar hemoglobin (Hb) darah kurang dari 11 gr/dl menurut standar WHO. Gejala yang tampak pada ibu hamil dengan anemia antara lain pucat, letih, lemah, berdebar, sesak napas dan mudah pingsan.

Tips: Untuk mencegah anemia kekurangan zat besi, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti  daging merah, hati, kacang-kacangan dan buah serta sayur berwarna hijau. Agar penyerapan zat besi lebih optimal, sebaiknya konsumsi dibarengi dengan sumber makanan yang mengandung vitamin C

5. Keputihan  
Adanya peningkatan hormonal selama kehamilan, vagina akan mengeluarkan cairan berwarna putih susu, encer dan tidak berbau yang lazim disebut lekore. Cairan ini akan bertambah banyak seiring dengan bertambahnya usia kehamilan

Tips: Karena cairan lekore ini normal, jagalah kebersihan dan kelembaban area vagina, jangan memakai pakaian dalam terlalu ketat, usahakan yang berbahan katun. Jika keputihan disertai rasa gatal, berbau dan jumlahnya sangat banyak, segera periksa ke dokter. Kondisi ini harus dicurigai sebagai infeksi, dan bila tak ditanggulangi akan terjadi perlunakan pada leher rahim dan timbul kontraksi sebelum waktunya.

Demikian artikel 5 Gangguan Kehamilan dan Tips Mengatasinya dari bumilpintar.com , semoga bermanfaat






0 Response to "5 Gangguan Kehamilan dan Tips Mengatasinya"

Posting Komentar