Faktor Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya


Bumilpintar.com - Penyebab bayi sungsang - Proses melahirkan merupakan proses yg sangat ditunggu-tunggu sekaligus membikin khawatir serta deg degan. Banyak hal-hal menarik serta tak terduga ketika sedang melahirkan. Tetapi, tak semua bunda dapat melahirkan dengan lancar-lancar saja, ada berbagai bunda yg melahirkan dengan kondisi yg sedikit berbeda, umpama semacam bayi sungsang. Bayi sungsang merupakan sebuah kondisi dimana letak bayi di dalam perut tak semacam seharusnya, yaitu posisi kepala di atas serta bokong di bawah, jadi proses melahirkannya akan lebih susah dibandingkan dengan posisi bayi yg normal.



Sejauh ini, ada berbagai faktor yg dapat menjadi penyebab bayi sungsang. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Bobot Janin yg Rendah - Karena bobot janin rendah sang bayi akan sangat leluasa bergerak. Pada usia kehamilan 28 hingga 34 minggu, tubuh janin akan menjadi lebih besar, serta biasanya telah tak tidak sedikit bergerak serta menetap pada satu posisi. Jika  posisinya tak tepat, kondidi ini dapat disebut bayi sungsang.
  2. Ruang Panggul yg Sempit - Kondisi ini dapat menjadi penyebab bayi sungsang. Karena janin akan merasa tak lebih enjoy dengan posisinya serta mencari posisi yg paling enjoy menurutnya.
  3. Volume air ketuban yg diatas rata-rata - Seperti pada point sebelumnya, air ketubaan yg terlalu tak sedikit juga dapat membikin janin merasa tak lebih nyaman.
  4. Ada Tumor pada Rahim Ibu
  5. Plasenta terletak di bawah

  6. Hamil Anak Kembar - Anak kembar yg ada di dalam kandungan saling memperebutkan posisi yg menurut mereka paling nyaman. Hal ini menyebabkan tahap tubuh janin yg terbesar berada di paling bawah Rahim.
  7. Adanya Kelainan pada Kepala Bayi - Kondisi ini juga dapat menjadi penyebab bayi sungsang yg tak jarang terjadi. Jadi kalian wajib lebih rutin untuk memeriksakan kandungan, supaya ketika ada kelainan dapat eksklusif segera ditangani dengan baik.

Cara Mengatasi bayi sungsang


Setelah mengenal penyebab bayi sungsang, ada berbagai tutorial yg dapat dilakukan untuk mengembalikan posisi bayi ke kawasan yg seharusnya.

Pertama, bunda melaukan posisi sujud dengan cara teratur. Cara ini lumayan dilakukan dua kali per hari, dengan masing-masing waktu 15 menit. Cara kedua yg dapat dilakukan merupakan dengan melakukan external cephalic versin (ECV), tutorial ini dilakukan dari luar tubuh. Cara menanggulangi bayi sungsang yg kedua ini wajib dilakukan bersama dokter yg telah berpengalaman. Selain ke dua tutorial tersebut, kalian juga dapat mengikuti senam bunda hamil untuk bayi sungsang. Dengan demikian, posisi bayi kalian akan berada pada posisi yg seharusnya.

Jika bayi tetap tak mau kembali pada posisi yg seharusnya hingga hingga ke proses melahirkan, jadi akan dilakukan perbuatan khusus dari dokter untuk proses kelairan bayi tersebut. Cara yg paling umum dilakukan merupakan dengan operasi cesar, melainkan apabila ingin melakukan proses kelahiran dengan cara normal tetap tetap dapat dilakukan. Yang penting wajib rutin berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi terbaik.

Demikianlah beberpa penyebab bayi sungsang serta perbuatan untuk mengantisipasinya. Semoga bermanfaat.






0 Response to "Faktor Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar