5 ciri kehamilan yang dialami seorang wanita


Untuk mengetahui ciri kehamilan sebelum memeriksakan diri kedokter kandungan dengan USG ataupun memeriksakan diri sendiri dengan alat tes kehamilan (tespek), kita juga bisa mengetahui ciri-ciri kehamilna yang biasanya dirasakan oleh hampir sebagian besar perempuan hamil.


Walaupun berada pada masa awal-awal kehamilan, tidak terlalu sulit untuk mengetahui ciri kehamilan sekalipun ukuran perut ibu hamil belum membesar.

Berikut ini 5 ciri kehamilan yang dialami seorang wanita: 


1. Berhentinya menstruasi atau haid pada waktu yang seharusnya keluar haid. Ini adalah tanda kehamilan yang pertama karena syarat mutlak untuk hamil adalah berhenti haid karena sel telur sudah dibuahi spermatozoa. Walau demikian, perlu diingat bahwa banyak faktor yang menyebabkan wanita tidak haid selain karena hamil. Jadi, walaupun sudah ditemukan ciri kehamilan yang satu ini jangan terlalu senang dulu sebelum mendeteksi ciri kehamilan lainnya.


2. Sering merasa mual dan muntah, hal ini akibat perubahan hormom yang terjadi pada istri. Ada yang berbeda antara mual karena masuk angin dan mual karena hamil yaitu untuk mual karena hamil biasanya sering terjadi pada pagi hari makanya disebut istilah "morning sickness".


3. Ciri kehamilan yang ke-tiga yaitu mengidam. Mengidam biasanya terjadi diawal-awal kehamilan. Contoh wanita hamil sedang mengidam misalnya ingin makan makanan aneh yang jarang ditemui, ingin memegang kepala orang lain, dan lain-lain yang secara logika kadang tidak masuk akal dan tentu saja keinginannya itu bila belum dipenuhi akan terus menagih kepada suaminya.


4. Buang air kecil lebih sering dari biasanya sehingga wanita hamil lebih sering ke kamar mandi atau toilet sekedar untuk buang air kecil atau kecing. Hal ini terjadi disebabkan karena kandung kencing perempuan hamil sedikit tertekan oleh rahim yang membesar karena kehamilan. Gejala sering buang air kecil ini akan berkurang pada usia kehamilan sekitar 12 minggu dan akan kembali terasa lagi pada usia kehamilan sekitar 28 minggu.


5. Ukuran payudara dan puting terasa membesar. Selain itu, puting payudara juga menjadi berwarna agak gelap dan kadang terasa gatal dan sakit tanpa sebab.

Demikianlah 5 ciri kehamilan yang umumnya dirasakan oleh wanita hamil. Masing-masing wanita hamil tidak akan sama gejala dan tanda kehamilannya antara yang satu dengan lainnya. Ada yang merasakan gejala kehamilan sangat terasa sehingga mengganggu aktifitas. Ada juga yang biasa-biasa saja walaupun mulai hamil.






0 Response to " 5 ciri kehamilan yang dialami seorang wanita"

Posting Komentar