Telat Haid Senang Atau Sedih ?


bumilpintar.com - Telat Menstruasi - Sudah bukan rahasia lagi kalau siklus menstruasi dapat dipakai sebagai penanda kehamilan. Akan tetapi, tak sedikit orang-orang yg salah kaprah mengartikannya begitu saja. Ketika telat menstruasi/Telat Haid, langsung berpikir bahwa hamil. Inilah kesalahan yg tak jarang terjadi. Perlu diingat, siklus menstruasi yg telat tak rutin berarti tanda kehamilan.

Jadi, apabila Anda sedang tak ingin hamil, Anda tidak perlu panik. Begitupula sebaliknya bila kita mengharapkan kehamilan kita tidak perlu langsung berharap terlalu tinggi. Ada banyak hal yang menjadi sebab telat datang bulan dan kesemuanya tidak mengarah ke kehamilan. Mari kita bahas lebih jauh lagi

Beberapa Penyebab Telat Menstruasi
Normalnya, menstruasi alias datang bulan yg siklusnya terjadi sebulan sekali terjadi sebab luruhnya dinding rahim yg tak dibuahi. Karena tak dibuahi, dinding rahim menjadi "tidak terpakai" serta mekanisme tubuh akan memaksanya luruh sebab dinding rahim yg baru akan segera terbentuk. Peluruhan ini akan berupa darah yg kotor yg nantinya akan keluar dari vagina. Itulah proses normal terjadinya menstruasi. Tentu saja, bagi kalian yg mengalami telat datang bulan, pastinya ada yg terjadi dengan proses peluruhan dinding rahim anda.

Namun semacam yg telah disebutkan sebelumnya, tak selamanya terlambatnya proses ini sebab dinding rahim kalian akhirnya "terpakai" dampak fertilisasi yg terjadi. Satu contoh umum yg dapat menjadi penyebab terlambatnya peluruhan merupakan persoalan kesehatan fisik. Ketika kalian terlalu capek sebab kesibukan anda. Mekanisme pembentukan dinding rahim yg baru juga akan terhambat. Akibatnya, kalian akan telat datang bulan alias menstruasi kalian hanya berjalan sebentar saja, kemudian berhenti, kemudian tak lama kemudian menstruasi terjadi kembali.

Hal ini semata-mata dikarenakan sebab keadaan fisik yg tak fit. Ada juga penyebab yg bekerjasama dengan persoalan hormonal. Tentunya kalian telah tahu bahwa wanita itu lebih sensitif dibanding pria. Oleh sebab itu, wanita cenderung lebih “moody”. Hal ini juga dapat berpengaruh pada pola siklus menstruasi anda. Ambil saja contoh saat kalian sedang stress. Ada kemungkinan besar, kalian akan telat datang bulan alias bahkan melewatkan siklusnya.

Kemudian ada satu lagi penyebabnya yg lumayan mengkhawatirkan yaitu adanya penyakit di rahim anda. Miom serta kista merupakan yg paling umum. Ketika penyakit tumbuh di rahim anda, pastinya akan mensugesti siklus bulanan anda.

Yang Harus Kita Lakukan
Hal yg dapat kalian perbuat saat kalian mengalami telat datang bulan merupakan jangan panik. Bersikap damai akan sangat menolong kalian berpikir jernih serta mengambil langkah-langkah berikutnya. Yang kedua merupakan berusaha membikin badan serta pikiran kalian serileks mungkin semacam menggandakan istirahat, melakukan hobi, berliburan, serta sebagainya. Ketika kalian telah rileks dengan cara fisik serta mental, siklus menstruasi kalian akan kembali normal lagi.

Namun, kalian juga sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter apabila siklus terlambatnya terlalu lama. Bisa sehingga kalian sangatlah hamil, alias ada penyakit di dalam rahim anda. Penanganan yg dini dapat sangat menolong kalian nantinya






0 Response to "Telat Haid Senang Atau Sedih ?"

Posting Komentar